Selasa, 08 Mei 2012

Atasi Racun Dengan Bawang Putih

Atasi Racun Dengan Bawang Putih. bawang putih bukan hanya menyedapkan masakan, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan. Salah satunya, membantu mengatasi keracunan.

Hal itu berdasarkan penelitian para ilmuwan yang menemukan bahan utama dalam bawang putih, yaitu dialil sulfida (diallyl sulphide) berkhasiat 100 kali lebih kuat daripada dua antibiotik terkenal (eritromisin dan ciprofloxacin) untuk memerangi penyebab utama keracunan makanan. Selain ampuh, dialil sulfida juga membutuhkan waktu lebih sedikit untuk memerangi keracunan makanan, seperti dilansir Dailymail.

Penemuan yang dipublikasikan dalam Journal of Antimicrobial Chemotherapy ini bisa menjadi metode baru untuk mengobati keracunan makanan akibat daging mentah atau olahan dan pembungkus makanan yang dapat mengurangi jumlah korban keracunan makanan akibat bakteri Campylobacter.

Dr. Michael Konkel dari Washington State University mengatakan, “Penelitian ini sangat menarik karena menunjukkan bahwa senyawa ini (dialil sulfida) memiliki potensi untuk mengurangi bakteri penyebab penyakit di lingkungan dan makanan kita. Campylobacter adalah bakteri penyebab penyakit karena makanan paling umum di Amerika Serikat dan mungkin dunia.”

Jika bakteri Campylobacter masuk dalam tubuh dan berkembang menyebabkan gejala infeksi, seperti diare, kram, nyeri perut, dan demam. Bakteri ini juga memicu hampir sepertiga kasus gangguan lumpuh langka yang disebut sindrom Guillain-Barre.

Kebanyakan infeksi Campylobacter berasal dari unggas yang dimakan mentah, setengah matang, atau makanan yang telah terkontaminasi silang melalui permukaan dan peralatan masak atau makanan yang kotor.

Menurut Food Standards Agency, Campylobacter adalah penyebab paling umum dari keracunan makanan di Inggris dan menyebabkan 88 orang meninggal di Inggris dan Wales pada 2009.

dikutip dari cantikdansehat.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar