Selasa, 08 Mei 2012

Ternyata Pria Juga Bisa Menopause

Pernahkah memperhatikan beberapa perubahan yang terjadi pada suami Anda? Apakah dia malas dan bertingkah aneh? Ini tanda-tanda dia mengalami menopause.

Sebelumnya, istilah menopause digunakan untuk wanita yang memiliki perubahan hormon secara drastis setelah usia 40. Tetapi tidak hanya wanita, pria pun mengalaminya.

Perbedaannya, menopause pada pria tidak membuatnya mengalami penurunan kesuburan secara drastis, seperti yang dialami kaum wanita.

Menopause terjadi saat hormon dalam tubuh pria mengalami penurunan secara perlahan. Umumnya, terjadi saat pria menginjak usia 40.

Gejala menopause pria cenderung tak terlihat karena proses penurunan hormonnya yang perlahan. Tetapi, ada beberapa gejala yang mudah dikenali saat pria mengalami menopause, sebagaimana dilansir Boldsky.

- Perubahan fisik

Ketika mengalami menopause, berat badan pria akan bertambah, massa ototnya melemah, dan tubuh terlihat melonggar. Rambut rontok, disfungsi ereksi, dan depresi juga menjadi gejala lain dari menopause pria.

Tubuh terasa nyeri, terutama sendi lutut dan siku. Anda juga menjadi malas dan tidak aktif. Jika itu yang dirasakan, sebaiknya segera periksa perubahan tubuh Anda.

Obesitas merupakan gejala umum pria menopause. Jogging setiap pagi dapat menjadi solusi untuk mengantisipasi hal tersebut agar tubuh dan pikiran kian bugar dan sehat.

- Perubahan suasana hati

Mudah marah adalah salah satu tanda umum mengetahui bahwa seorang pria mengalami menopause. Sementara beberapa orang menjadi gelisah, lainnya menjadi malas. Ada juga yang justru menjadi sangat giat bekerja. Hal ini dikarenakan perubahan suasana hati yang berbeda pada setiap orang.

- Berkeringat di malam hari

Tiba-tiba Anda bangun di tengah malam dan menemukan tubuh basah karena keringat, waspadalah. Itu juga pertanda lain Anda mengalami menopause.

Selain itu, gejala lainnya Anda merasakan hawa dingin, tetapi tetap berkeringat. Sulit tidur malam hari juga menjadi tanda lainnya.

dikutip dari cantikdansehat.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar