Selasa, 08 Mei 2012

Makanan Sehat untuk Kulit Sehat

Untuk semua orang yang ingin sehat dan memiliki kulit lebih menarik, ada banyak cara untuk mendapatkannya. Pembersih, obat, krim, masker, laser, dan operasi, semua bertujuan untuk meningkatkan penampilan kulit. Namun, cara-cara tersebut cukup mahal dan memakan waktu serta pengawasan dokter ahli. Cara yang lebih mudah untuk mendapatkan kulit yang bagus adalah dengan makanan sehat. Makanan yang sehat dapat meningkatkan semua fungsi bagian tubuh, dan juga kulit.

Beberapa makanan sehat yang baik untuk kulit adalah:
 Vitamin A adalah salah satu nutrisi paling penting bagi kesehatan kulit, dan salah satu sumber terbaik dari vitamin A adalah produk susu rendah lemak. Vitamin A juga dapat ditemukan dalam sayuran tertentu, seperti wortel, tetapi terkadang kondisi kesehatan menghalangi kemampuan tubuh untuk mengubah zat kimia dari wortel menjadi vitamin A, sehingga lebih mudah untuk mendapatkannya dari produk susu. Yogurt rendah lemak merupakan pilihan terbaik untuk sumber vitamin A.

Mineral penting untuk kulit sehat adalah selenium, yang dapat ditemukan dalam roti gandum utuh dan sereal, kalkun, tuna, dan kacang brasil. Tingginya kadar selenium melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan kerusakan oksidatif yang meningkatkan risiko kanker.

Berries, seperti blueberry, blackberry, dan stroberi, memiliki zat antioksidan yang tinggi. Antioksidan melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, seperti yang dibentuk oleh paparan sinar matahari. Perlindungan semacam ini dapat mencegah penuaan dini. Makanan lain yang juga tinggi kadar antioksidannya antara lain, artichoke, kacang, dan buah prune.

Asam Lemak. Kesehatan sel sangat penting untuk kesehatan kulit, dan salah satu bagian yang paling penting dari sel untuk tetap sehat adalah membran sel, yang bertindak sebagai pelindung dan transportasi nutrisi dan limbah keluar. Membran ini juga memiliki kelembaban, yang menjaga kelembaban kulit dan penampilan yang lebih muda. Asam lemak sangat penting untuk membran sel, dan dapat ditemukan dalam berbagai makanan, yakni ikan, walnut, dan minyak biji rami.

Minyak lainnya juga baik untuk kulit karena menjaga kehalusan kulit. Jenis minyak terbaik untuk kulit adalah yang labelnya dengan cold pressed, expeller pressed, atau extra virgin. Minyak lainnya yang buatan pabrik, biasanya telah ditambahkan pelarut dan dipanaskan sampai suhu tinggi yang justru akan membunuh nutrisi penting dalam minyak tersebut.

Air sangat penting untuk hidrasi kulit, yang menjaga kulit yang sehat dan awet muda. Air juga membantu sel untuk memasukkan nutrisi dan mengeluarkan racun, dan membantu kulit mengeluarkan keringat dengan lebih efektif. Air yang baik adalah yang murni dan bersih. Kebanyakan minuman lainnya tidak memiliki manfaat yang sama.

Namun, teh hijau juga baik untuk kesehatan kulit. Yakni akan memperkuat membran sel dan mengurangi risiko kerusakan sinar ultraviolet, sehingga mengurangi kemungkinan kanker kulit. Selain itu, polifenol dalam teh hijau memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mencegah noda.
Makanan sehat yang bermanfaat bagi tubuh secara keseluruhan, tapi kulit yang sehat sangat penting karena kulit adalah bagian yang paling terlihat dari tubuh. Ilmu pengetahuan telah menunjukkan bahwa makanan ini sangat menguntungkan untuk kesehatan kulit, dan semuanya lebih murah dari produk perawatan kulit yang mahal, sehingga mereka pasti patut dicoba.

dikutip dari cantikdansehat.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar