Selasa, 08 Mei 2012

Khasiat Daun Kemangi Untuk Kesehatan dan Kecantikan Wanita

Khasiat daun kemangi atau O. basilicum memang banyak sekali. Hampir semua orang Indonesia pasti tahu tentang tanaman yang biasa dijadikan lalapan ini. Daun kemangi dari zaman dahulu telah digunakan untuk mengatasi masalah bau mulut dan bau badan.

Cara pengobatan dengan menggunakan daun kemangi ada beberapa macam. Daun kemangi ini bisa dimakan secara langsung ataupun direbus dengan rempah-rempah lainnya seperti daun beluntas dan kunyit untuk mengatasi bau badan.

Khasiat daun kemangi bukan hanya untuk menghilangkan bau tidak sedap pada badan dan mulut saja, tapi lalapan ini juga sudah terbukti manjur untuk menyembuhkan gangguan pencernaan, nyeri payudara dan batu ginjal. Selain itu, kemangi juga dapat mengatasi influenza, gangguan menstruasi, sakit telinga dan sakit kepala (migraine), infeksi usus dan gangguan saraf.

Daun kemangi mengandung senyawa anetol, boron, eugenol dam stigmasterol yang mampu merangsang hormone estrogen, membunuh jamur penyebab keputihan pada wanita serta merangsang pematangan sel telur sehingga wanita menjadi subur.

Di bidang kecantikan, kemangi dapat disuling dan diambil minyak atsirinya sebagai campuran pembuatan obat ataupun untuk bahan perawatan tubuh seperti sabun mandi, biang parfum, pelembab tubuh, dan minyak dan minyak aroma terapi. Namun penggunaan kemangi sebagai minyak pijat sebaiknya tidak diaplikasikan terhadap wanita hamil. Jika dicampur dengan lulur, kemangi dapat merangsang peredaraan darah tubuh sehingga kulit lebih halus dan berkilau serta mengatasi masalah jerawat dan kerontokan rambut.

dikutip dari cantikdansehat.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar